Jumat, 11 Januari 2013

grahono(geguritan 1)
Oleh Gondronk Art StreetMagic
3 Agustus 2012 pukul 17:05

naliko ratri nyungkup plataran ati...lintang wiyat sirno ing pandulu...mbulan kelem jroning mendung tangis..riwis-riwis udan grimis nggegiris ati kang kaprejoyo grahono sepi... Duh Gusti...wonten pundi panjenengan singitaken
wahyu katresnan jati? Mawindu-windu dalem kedarang-darang,kaloro-loro nggembol sungkowo... Prasasat manuk sengkleh suwiwine..prasasat iwak tanpo tirto..prasasat wayang tanpo dalang...
wayang rumput
Oleh Gondronk Art StreetMagic
20 Juli 2012 pukul 21:25

berjalan,berlari,atau berhenti dlm kemacetan mimpi...? Tertidur,terjaga,mabok tuak keinginan,atau mati suri dlm keheningan... ?

 Waktu tetap saja berlalu meninggalkan masalalu dan terus menggerus masadepan...

Mau tidak mau..siap tidak siap...peduli atau masa bodoh sama sekali...!
 sembunyi,memasang dada atau tiarap..?!
 Waktu tetap saja menyeret pelahan tnpa bisa dilawan...

 Hendak lari kemana lagi? Kepasar harapan membeli mimpi? Atau bersimpuh memeras airmata menjelang pagi?

 Menjadi aktor wayang rumput,pemeran layar opera...Rasa-rasanya hanya cukup pantas berjalan saja,tanpa berhak menentukan arahnya.....
AKU CURIGA
Oleh Gondronk Art StreetMagic
20 Juli 2012 pukul 21:38

Dari sebelah mana aku harus memasang badan...? Mengendap-endap kubiarkan waktu berlalu menguap...,
meninggalkan nisan2 masa silam...


berkawan sepi aku merapal do'a2 penantian....
 Cahaya...,cahaya...!
Disisi langit mana aku musti memasang mata...?

Wahai...! Dimanakah sarangnya..? Segar matahari pagi beserta.... sejuk lembut bulan purnama.....

Kenapa bertahun hatiku terkurung gerhana...?

Tidakkah bumi berputar..?
Atau mendung yg diam-diam sengaja mencungkup ubun2 kepala...? Hingga arahku jadi nyasar tak jelas jluntrungannya..?

Aku curiga...aku benar-benar..., curiga...!!! Jangan-jangan gerhana total telah membegal jalan...
lantas mengkontaminasi aliran cahaya pada lorong2 nasibku.....

 bah..!!!
Aku seperti terbuntal kabut teka-teki yg membekukan otak... merusak,memporak-poranda semangat yg menggelepar meregang nyawa.....

berhenti !
jangan lagi kau baca sajak cinta tanpa definisi... sebab aku tak pernah bisa memahami...
KESIANGAN
Oleh Gondronk Art StreetMagic
31 Desember 2011 pukul 5:04

serasa kilat..begitu cepat waktu melesat..entah tidur,entah terjaga.. setengah sadar aku menggeliat malas,membuka mata.,nyalang memendam luka.., Terengah-engah kucoba bangkit..terduduk lesu termangu.. Memajang muka pucat tisu... Kosong,hampa,sepi..menjadi karbohidrat yg tetap saja kutelan meski rasanya membosankan.....mungkin aku sudah tertinggal,mungkin aku telah memotong jalan.. atau jangan2 aku hanya berputar-putar dilingkaran..? Ha..ha..ha..aku sama sekali tidak paham...Lanjutkan perjalanan saja..kalau berhenti,kapan sampainya? Aku hanya perantau liar,membawa buntalan2 mimpi yg menjadi tumor kronis diotak kiri...Aku hanya pengembara kesasar,ada baiknya kuikuti saja kemana perahu nasibku terdampar...
Sketsa tanpa pigura
Oleh Gondronk Art StreetMagic
12 November 2011 pukul 13:57

Dimana hendak memajang Lukisan realis tentang masa depan? Sedang keadaan terlalu abstrak untuk diterjemahkan...!
Rasanya Tak ada panggung opera penghibur diri,sementara harapan mengendap karam menjadi magma kegelisahan didasar alam mimpi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar